Pages

Wednesday, January 22, 2014

Surf Fishing/Surf Casting

  
 Surf Fishing adalah merupakan sebuah olah raga memancing ikan yg dilakukan dengan cara berdiri dipinggir pantai atau berjalan menyeberangi ombak sampai mencapai setinggi dada orang dewasa. Tujuan dari Surf Fishing adalah melemparkan umpan sejauh mungkin ke tengah laut agar bisa mencapai target ikan yg di tuju. Peralatan yg digunakan dalam surf fishing jauh lebih berat dari mancing biasanya contohnya seperti joran yang lebih panjang, pemberat yg lebih besar/berat, diameter senar (main line) yg lebih besar agar saat di lempar senar tidak cepat putus.

Peralatan Mancing yg Digunakan :

  • JORAN (Rod) yg digunakan minimal mempunyai panjang lebih dari 3 meter (7 feet - 18 feet), berbentuk sambungan antena, sambung 2,3 atau lebih, tp bagi yg tidak suka repot pilihan joran antena merupakan yg paling direkomendasikan.



  • KATROL/Penggulung Senar (Reel) tipe yg digunakan bisa berupa Spining Reel, Surf Casting Reel

Spining Reel
Surf Casting Reel
Perbedaan yg paling mencolok pada kedua reel ini adalah spool (tempat gulungan benang pancing/line nya), pada Surf Casting Reel Spool nya agak panjang dari Spining Reel itu berarti Surf Casting Reel bisa lebih banyak menampung senar. Ukuran Reel yg dianjurkan adalah minimal 4000 atau dapat menampung senar dgn diameter 0,3 sepanjang 100 meter


  • Line/Senar/Benang Pancing yg digunakan ada 3 tipe. Tipe momofilamen ,tipe multifilamen dan leader line.

Monofilament Line
Merupakan benang pancing yg biasa kita gunakan. Kekuatan tariknya terletak pada jenis bahan dasar yg digunakan serta diameter senarnya. Semakin besar diameter senar maka daya tariknya akan semakin besar dan sebaliknya.
Multifilament Line (PE)
Merupakan benang pancing yg mempunyai tipe agak lain dari monofilament. Multifilament Line terdiri dari beberapa benang halus yg dipintal menjadi satu. Benang ini sangat kuat dan lebih kuat beberapa kali lipat dari monofilament line dan juga sangat susah untuk diputuskan. Kekuatan senar ini terletak pada jumlah kepangan, bahan dasar pembuatnya serta besar diameternya. Semakin banyak seratnya dalam satu kepangan semakin kuat daya tariknya juga harganyapun akan semakin mahal.

Leader Line
Merupakan senar yg biasa digunakan diujung main line (senar utama). Leader line biasanya mempunyai diameter yg lebih besar tp mempunyai kelenturan lebih baik dan daya tahan terhadap sentakan dari ikan jika dibandingkan dari senar biasa.

  • Timah Pemberat/Sinker yg digunakan boleh bermacam - macam tergantung kekuatan lempar dari si pemancing. Beberapa bentuk pemberat sbb:


Timah Pemberat Dimodif Sendiri Agar Tidak Terbawa Arus Air

Timah Pemberat Biasa


  • Pipa Penopang Joran/Sand Spike merupakan alat yg digunakan supaya joran yg kita gunakan tidak terkena/terendam air. Contohnya sbb :


Pipa Penopang Joran/Sand Spike

Contoh Penggunaan
  • Kursi Portabel/lipat/Portable Chair merupakan alat yg jarang digunakan para pemancing dikarenakan ukurannya yg agak besar tp mempunyai kegunaan yg sangat penting dimana kita bisa santai sambil mancing yg menghabiskan waktu berjam - jam.
 
 Kursi Portabel/Lipat/Portable Chair

  • Mantel Mancing/Fishing Wader merupakan alat yg wajib digunakan bagi yg suka mancing sambil berendam di air. Ini merupakan gabungan antara sepatu bot, celana dan baju setinggi dada orang dewasa yg dijadikan satu/senyawa. Contoh sbb :

Contoh Pemakaian

  • Umpan terdiri dari 2 jenis yaitu umpan buatan dan umpan hidup. Contoh sbb :
Umpan buatan :

Umpan hidup :

Udang Hidup/Mati

Cumi Hidup/Mati

Cacing Laut

Kepiting Pasir

Tehnik Mancing Surf fishing

Caranya hampir sama seperti memancing biasa, tp tujuan kita memancing adalah melemparkan umpan sejauh mungkin ke tengah laut/spot yg dituju baik dari tepi pantai maupun berendam kedalam laut. Contoh sbb :


Atau bisa dilihat video nya disini :

Surf Fishing With Nerv Burton On The Sunshine Queensland Australia